Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi – Menggunakan smartphone android memang bisa membantu dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan mudah. Selain itu, akses komunikasi serta informasi dan hiburan juga lebih mudah dengan smartphone ini. Namun disisi lain ada beberapa trouble yang dialami oleh sebagian besar pengguna android, yaitu masalah smartphone yang bekerja secara lamban atau lelet. Biasanya banyak faktor yang menyebabkan smartphone android anda menjadi lemot kinerjanya.

cara atasi android lemot

Bisa disebabkan karena aplikasi yang anda simpan terlalu banyak, sehingga akan memberatkan kinerja RAM. Selain itu, banyaknya chace atau sesampahan dari aplikasi juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan smartphone anda menjadi lemot kinerjanya. Namun  anda bisa mengatasinya dengan mudah tanpa perlu bantuan aplikasi. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi android lemot tanpa bantuan aplikasi yang bisa coba anda lakukan.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

1. Menggunakan MicroSD yang berkecepatan Tinggi
Memang sebagai smartphone android sudah dibekali dengan memori internal yang kapasitasnya cukup besar, namun disisi lain anda juga memerlukan microSD untuk penyimpanan tambahan anda dan berjaga – jaga jika terjadi sesuatu pada HP anda. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah microSD dengan kecepatan yang tinggi. microSD dengan kecepatan yang tinggi, akan memudahkan kinerja smartphone anda dalam menyimpan dan mengakses perintah, sehingga smartphone anda bisa terhindar dari kata lemot.

2. Menginstal dan menggunakan aplikasi yang serba guna
Salah satu penyebab dari smartphone yang lemot adalah karena kinerja RAM ataupun kapasitas RAM yang  terlalu penuh, maka untuk mengantisipasi agar RAM tidak penuh, anda perlu menginstal aplikasi dengan fungsi serba guna. Agar kapasitas RAM anda bisa lebih berhemat. Misalnya saja, anda bisa memilih aplikasi yang bisa memotret sekaligus mengedit gambar bersamaan dan aplikasi serba guna lainnya.

3. Manajemen syncro
Anda perlu melakukan pengaturan untuk sinkronisasi di smartphone anda. Hal ini berguna agar nantinya smartphone android anda tidak menguras banyak paket data dan juga menjadi lebih cepat kinerjanya. Cara kerjanya agar nantinya smartphone anda tidak secara otomatis mendownload langsung. Karena jika smartphone secara otomatis bisa mendownload langsung, maka akan menyebabkan RAM menjadi penuh kapasitasnya. Hal inilah yang juga menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi lebih lelet kinerjanya.

4. Gunakanlah widget secukupnya
Layar utama yang dipenuhi dengan widget memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu, penggunaan widget tentu akan memudahkan anda dalam mengakses aplikasi tanpa perlu masuk ke menu utama. Tapi sebaiknya batasi penggunaan widget di layar utama, karena inilah yang menyebabkan smartphone anda bisa lebih lama kinerjanya. Selain itu juga bisa menyebabkan baterai menjadi lebih boros.

5. Gunakanlah wallpaper statis
Penggunaaan live wallpaper memang menjadikan smartphone anda menjadi lebih menarik, namun disisi lain, smartphone anda kan lebih mudah habis baterainya, serta juga akan menyebabkan lemot secara kinerja. Lebih baik mencoba menggunakan wallpaper yang statis untuk menghemat baterai smartphone serta bisa menghindari smartphone yang bekerja secara lamban. Caranya masuk ke menu setting, lalu pilih developer options dan kemudian tap Off untuk menonaktifkan live wallpaper anda.


Demikian beberapa cara mengatasi android lemot tanpa bantuan aplikasi, selain itu, anda juga perlu dengan rajin membersihkan chace atau sesampahan residu aplikasi maupun sisa aktivitas browsing anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar