5 Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air Paling Ampuh

Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air Paling Ampuh – Biasanya, banyak pengguna ponsel yang langsung panik ketika ponsel kesayangannya terkena air. Hal ini sangat wajar, karena memang ponsel didesain sebisa mungkin jangan sampai berada dalam keadaan lembab atau terkena air, berbeda dengan beberapa ponsel tahan air yang didesain khusus. Karena ponsel yang didesain tidak tahan air, jika terkena air, maka bisa jadi ponsel mengalami konsleting, hingga kerusakan yang para sampai tidak bisa tertolong lagi.

selamatkan ponsel terkena air

Maka dari itu, anda mesti melakukan langkah dan pertolongan pertama untuk antisipasi agar ponsel anda yang terkena air bisa terselamatkan, minimalnya tidak mengalami kerusakan yang sangat parah. Banyak cara yang bisa anda lakukan, mulai dari mengeringkan dengan vacuum cleaner hingga memendamnya dalam beras. Jika anda penasaran dengan beberapa cara selengkapnya mengenai menyelamatkan ponsel yang terkena air, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan.

Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air Paling Ampuh

1. Matikan ponsel dan langsung copot baterainya
Yang pertama jika ponsel anda terkena air, dan masih dalam keadaan menyala, langsung matikan ponsel dan keluarkan dengan segera baterainya dari ponsel. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya konsleting listrik di perangkat seluler anda. selain itu, juga untuk menyelamatkan sirkuit agar tidak rusak dan basah terkena air. Dan anda juga mesti sesegera mungkin melepas segala macam aksesoris dalam ponsel, seperti chasing, gantungan, dll.

2. Keringkan ponsel anda
Anda juga mesti langsung mengeringkan ponsel anda, banyak cara yang bisa coba anda lakukan, seperti mengelapnya dengan handuk atau tisu, atau juga bisa dengan sapu tangan yang bersih. Anda mesti hati – hati dalam melakukannya, jangan terlalu sering menggoyang – goyangkan ponsel anda, dan usahakan partikel dari bahan yang digunakan untuk mengelap ponsel anda, tidak tertinggal di komponen ponsel anda.


3. Menggunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan
Selain itu, anda bisa mengeringkan ponsel anda dengan vacuum cleaner. Menggunakan vacuum cleaner sangat efektif daripada menggunakan hair dryer. Hal ini karena vacuum cleaner bekerja menghisap segala sesuatu termasuk air, sehingga potensi air menyebar akan diminimalisir, berbeda dengan hair dryer yang bekerja dengan cara menyebarkan air, sehingga nantinya justru ponsel anda akan semakin terkena partikel air.

4. Pendam didalam beras
Beras terkenal efektif dan mampu dalam menyerap air. Maka dari itu, ponsel yang basah karena terkena air, bisa efektif dikeringkan dengan memendamnya ke wadah yang berisi beras. Sifatnya yang bisa menyerap kelembapan inilah yang bisa anda manfaatkan secara efektif untuk mengeringkan ponsel anda. pendam ponsel yang basah semalaman, agar air didalam komponen ponsel anda bisa terserap hingga kering.

5. Periksa dan bawa ke service center jika perlu
Setelah ponsel dikeringkan, segera pasang semua komponen yang ada, dan juga anda bisa mencoba untuk menyalakannya. Jika ada sesuatu yang aneh dalam ponsel anda, seperti pada saat booting atau pengoperasian yang berbda pada saat ponsel sebelum terkena air, maka sangat disarankan untuk langsung membawa ponsel anda ke service center untuk ditangani lebih lanjut lagi.


Demikian beberapa cara menyelamatkan ponsel yang terkena air, yang terpenting adalah anda jangan panik dan segera keringkan ponsel anda, agar kerusakannya tidak begitu parah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar